Selasa, 26 Maret 2013

Trik Sukses Mengembangkan usaha kecil

Trik sukses! Jika Anda melihat beberapa perusahaan besar seperti Google, Facebook, atau Apple, pasti kita semua akan tercengang bila Anda tahu bahwa Mereka (perusahaan-perusahaan) tersebut yang mulanya hanya sebuah usaha kecil saja, bahkan ada yang berawal dari sebuah garasi rumah yang kecil.

Kita semua sebenarnya dapat seperti mereka bila mengerti dan mempelajari bagaimana memulai dan meraih sukses dalam usaha kecil. Berikut beberapa tipsnya dan semoga bermanfaat.

1. Janganlah ambil resiko sendiri 
Membuka usaha baru umumnya sangat beresiko, lebih baik carilah teman/ partner yang dapat Anda percaya. Jangan menginvestasikan uang Anda semua di sana, karena bila usaha tersebut tidak berjalan sesuai semestinya, Anda tidak langsung mengalami kebangkrutan.

2. Perbudak diri sendiri 
Menjadi wirausaha pemula Anda harus bersedia untuk bekerja keras, meluangkan waktu lebih banyak, dan bersedia kerja lembur. Pada awalnya mungkin Anda tidak mendapatkan keuntungan, bahkan harus mengeluarka dana tambahan untuk gaji karyawan.

3. Pilih karyawan dengan hati-hati 
Lakukan rekrutmen karyawan dengan hati-hati, dan jangan tergesa-gesa. Jangan sampai karyawan Anda nantinya justru akan menjadi penghalang dan pengganggu Anda meraih visi usaha Anda.

4. Ketahui harga dasar
Hitunglah berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menjalani usaha baru Anda, mulai dari sewa toko, listrik, gaji karyawan, pajak, hingga harga kertas dan tinta printer. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun Anda akan bekerja, itulah jumlah minimum pendapatan yang Anda butuhkan setiap hari.

5. Jual kelebihan, bukan harga 
Jangan terjebak dengan perang harga yang justru memaksa Anda menjual harga di bawah modal dan melupakan kualitas. Komunikasikan dengan pelanggan bahwa produk Anda mempunyai nilai lebih dibanding yang lain.

6. Hargailah waktu 
Sebagai wirausahawan baru, Anda harus menggunakan waktu Anda sebaik-baiknya untuk mencari peluang pelanggan baru dan bagaimana memperkenalkan produk Anda kepada pelanggan. Konsentrasikan waktu dan pikiran Anda lebih banyak untuk membesarkan usaha Anda.

7. Manfaatkan teknologi 
Manfaatkan teknologi terkini, seperti internet untuk memperkenalkan usaha Anda dan pemasaran produknya. Gunakanlah fasilitas iklan gratis di beberapa situs penjualan secara online agar lebih banyak orang yang mengenal produk Anda.

8. Perlakukan supplier Anda dengan baik 
Perlakukan vendor dan supplier Anda sebaik mungkin, seperti halnya Anda memperlakukan para pelanggan. Dengan hubungan yang terjalin dengan baik, mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan Anda, memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

9. Berusaha menjadi yang terbaik 
Berikan yang terbaik bagi pelanggan Anda, maka Anda akan tercengang dengan kekuatan marketing “dari mulut ke mulut”.
Bagi usahawan baru, mungkin keadaan yang tidak begitu diinginkan menjadikan semangat untuk berusaha menjadi mengendor bahkan sampai titik nol. Namun jangan berputus asa di tengah jalan, berusahalah lebih keras, ulet dan tekun, maka perlahan - lahan Anda akan mulai merasakan hasil jerih payah Anda.

1 komentar:

Posting Komentar

 
  • usaha didesa © 2012 | Designed by Usaha Didesa,Supatno Web Hosting