Senin, 15 April 2013

Cara promosikan Bisnis dengan biaya murah

CARA PROMOSI BISNIS — Saat ini memperkenalkan bisnis baru menjadi satu pekerjaan yang tidak mudah. Apalagi jika bisnis yang dijalankan benar-benar dari nol dan belum dikenal orang. Terkadang biaya untuk promosi sebuah produk mengalahkan biaya untuk produksi sendiri. Hal inilah yang kerap dialami usaha kecil dan menengah, mampu menghasilkan produk namun tidak mampu mempromosikan bisnis secara optimal. Masalahnya apa lagi kalau bukan budged yang terbatas untuk promosi.

Di zaman sekarang ini , jika kurang modal untuk mempromosikan usaha harus lebih kreatif dalam melakukan promosi. Memanfaatkan teknologi bisa menjadi andalan dalam promisi bisnis. Yang dibutuhkan hanyalah lebih sedikit melek terhadap teknologi informasi. Internet bisa menjadi sarana untuk promosi bisnis anda dengan biaya murah.
Ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis dengan biaya murah, namun memiliki impact yang cukup bagus. Berikut beberapa media yang bisa anda gunakan untuk promosi bisnis:
1. Facebook
Saat ini ada sekitar 600 juta pengguna aktif  Facebook di seluruh dunia, pasti ada beberapa di antara mereka yang akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Cobalah kelola akun Facebook bisnis Anda dengan cara profesional yang tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Selain itu, Facebook juga menawarkan tempat beriklan dengan harga terjangkau.
2. witter
Salah satu media sosial lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah Twitter. Mulailah dengan mengajak teman-teman untuk follow akun Anda, lalu minta mereka memberi RT (re-tweet) pada setiap promosi yang Anda berikan. Pastikan pula Anda berkomitmen untuk selalu memberi update setiap hari, karena para follower Anda pasti selalu menginginkan kabar terbaru.
3. Situs online
Selain media sosial, Anda juga bisa membuat situs sendiri, apakah itu berbentuk blog atau membeli domain sendiri. Di jaman perkembangan teknologi seperti saat ini, semua bisnis baru setidaknya harus memiliki website sendiri.
4. Media lokal
Ketika Anda sudah siap untuk meluncurkan bisnis, cobalah dekati media atau pers, misalnya majalah, surat kabar, atau media lokal lainnya. Jalin hubungan baik dengan mereka atau ajak kerja sama berupa barter, agar produk Anda bisa dipromosikan.
5. Kontes dan promo khusus
Semua orang menyukai kontes dan promo khusus, seperti diskon atau beli satu dapat satu. Ini juga merupakan satu cara lagi agar bisnis dan produk Anda makin dikenal, caranya cukup sebarkan kontes lewat media sosial.

6. Rekomendasi pelanggan
Ini merupakan cara promosi paling ampuh, karena orang akan tertarik membeli barang ketika mendapat rekomendasi dari orang terdekat. Pastikan Anda selalu memberi pelayanan baik pada pelanggan dan minta mereka rekomendasikan produk Anda pada orang lain.

Sekian, semoga bermanfaat
Nb: Galery UKM.com

2 komentar:

 
  • usaha didesa © 2012 | Designed by Usaha Didesa,Supatno Web Hosting